Kamis, 19 November 2015

Teks Iklan



 selamat siang sobat Alakadarnya, setelah kita membahas tentang Teks Berita http://adf.ly/1Sr0AS kali ini saya akan jelasin ke temen” tentang apa sih teks iklan itu .. temen temen ada yang tau?
Kalo tidak saya akan jelaskan ..

Jadi teks iklan adalah teks yang menyiarkan informasi tentang barang / jasa dengan tujuan menggiring orang untuk melakukan sesuatu yang menguntungkan pengiklan.
Nah, jadi temen” dah tau kan apa itu teks iklan, sekarang akan saya jelaskan lebih detail lagi ..

Yang pertama , Struktur teks iklan. Teks iklan tentu tersusun dari beberapa struktur yang bergabung menjadi sebuah teks iklan, yaitu:
ü  Orientasi
Orientasi adalah pokok masalah yang di iklan kan dalam teks iklan tersebut

ü  Tubuh iklan
Dalam tubuh iklan terdapat hal” yang di jelaskan dalam iklan, seperti kondisi barang dll.

ü  Justifikasi
Justifikasi meyakinkan konsumen untuk mengambil sikap positif terhadap produk / jasa yang di iklan kan.

Yang kedua, macam” iklan. Iklan di golongkan menjadi beberapa macam, seperti:

ü  Menurut tujuannya:
~        Iklan informatif : pengumuman pindah, lowongan kerja, dll.
~        Iklan memaksa : kuasa hukum, pengadilan.
~        Iklan mengingatkan : merokok dapat membunuhmu.
~        Iklan persuasif : membujuk publik agar menggunakan  produk barang / jasa yang di iklankan.
ü  Menurut isinya :
~        Iklan penawaran : menawarkan produk / jasa
~        Iklan permintaan : lowongan kerja
~        Iklan keluarga : belasungkawa
~        Iklan layanan masyarakat ; ikut pemilu, KB, hemat listrik, dll.

ü  Menurut medianya:
~        Media cetak
~        Media elektronik
~        Media online / socmed
ü  Menurut redaksional :
~        Iklan singkat
~        Iklan panjang : -      Berita : memberitakan suatu produk
-          Advertorial : informasi tentang produk yang di sisipi penawaran
-          Testimonial : tongf*ang , dll.
ü  Menurut bentuk iklan
Iklan Koran : iklan baris & iklan kolom

ü  Menurut  bentuk teks :
~        Iklan monolog : tidak terdapat dialog dalam iklan
~        Iklan dialog : terdapat dialog dalam iklan
Yang ketiga, Rumus iklan :
-          Attention : iklan harus menarik perhatian
-          Interest : merangsang konsumen agar berminat
-          Desire : mampu menggerakan keinginan orang
-          Conviction : mampu membangkitkan kepercayaan dan menciptakan kebutuhan pembeli sehingga tidak beralih
-          Action : memiliki daya bujuk
Dan yang terakhir, Ciri Kebahasaan iklan:
-          Menggunakan kalimat persuasif
-          Menggunakan kalimat perintah
-          Menggunakan kalimat introgatif
-          Menggunakan kata kerja aktif dan pasif
-          Menggunakan majas
-          Menggunakan fakta dan opini
-          Iklan baris sering menggunakan singkatan

Huaahh itu dia penjelasan dari saya, semoga bermanfaat bagi temen” semua, terima kasih.